Swayasa Prakarsa

Universitas Gadjah Mada memfokuskan dirinya menjadi world class research university dan memiliki cita-cita besar untuk merealisasikan hasil penelitian menjadi produk yang siap dipasarkan, serta produk yang dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. Oleh karena itu, unit usaha UGM PT. Gama Multi Usaha Mandiri mendirikan PT. Swayasa Prakasa untuk merealisasikan cita-cita tersebut. Saat ini PT.Swayasa Prakarsa telah memiliki Gama Herbal Indonesia dan Hepro Gama yang bergerak dalam bidang produksi alat-alat kesehatan.


PT Swayasa Prakarsa mendapat amanah untuk merealisasikan hasil penelitian dari para peneliti UGM yang dapat digunakan untuk kepentingan usaha. Perseroan secara resmi didirikan berdasarkan Akta Pendirian Nomor 09 tertanggal 12 Januari 2012.

 

Visi
“Menjadi Industri Berbasis Riset Terbaik Indonesia“


PT.Swayasa Prakarsa merupakan anak perusahaan PT.Gama Multi Usaha Mandiri yang fokus pada tujuan mengindustrikan, komersialisasi, dan mengembangkan hasil riset UGM agar dapat dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Perusahaan ini berperan sebagai penghubung antara industri-industri berskala nasional, pusat riset universitas, pelaku bisnis, serta stake holder lain dalam proses yang mengantarkan hasil riset ke masyarakat luas. Dalam usahanya, perlu secara berkelanjutan mengembangkan kapasitas perusahaan baik dalam manajemen, networking, permodalan, maupun SDM untuk menjalankan fungsi optimal sebagai inkubator bisnis, mediator, serta sekaligus industri berbasis riset.


Universitas Gadjah Mada sebagai World Class Research University melalui PT. Swayasa Prakarsa telah merealisasikan salah satu mimpinya dengan pendirian Gama Herbal Indonesia yang bergerak dalam produksi obat tradisional, herbal, dan jamu yang dipasarkan di seluruh Indonesia. Produk-produknya merupakan hasil riset yang telah teruji dan diracik dengan komposisi yang terbaik oleh Fakultas farmasi UGM. Selain itu, unit HEPro Gama dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan Indonesia, dengan rintisan produk seperti Gama-CHA yang telah diluncurkan, serta BHA bone graft, serta plat tulang yang akan dikembangkan. PT.Swayasa Prakarsa akan terus menambah hasil riset yang dikembangkan dan diindustrikan.


Misi
Secara bertahap mengindustrikan hasil-hasil riset UGM dan mendukung UGM sebagai World Class Research University

 

Unit Usaha PT. Swayasa Prakarsa

1. Gama Herbal Indonesia

Gama Herbal Indonesia adalah unit usaha Swayasa Prakarsa yang bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada dengan menandatangani perjanjian kemitraan pada tanggal 15 Maret 2013. Tujuan dari kerjasama ini tidak hanya menggerakan usaha di bidang pengembangan obat herbal, tetapi juga sebagai wahana pendidikan dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam bidang produksi dan pengembangan obat herbal.
Produk Gama Herbal Indonesia :
1. Gama Optima
2. GamaDiab
3. GamaTensi
4. GamaTerol
5. Imunogama
6. GamaSlim


2. Hepro Gama

HEPro Gama (Health Equipment and Medical Devices Production of Gadjah Mada University) merupakan unit usaha PT Swayasa Prakarsa, anak perusahaan dari PT Gama Multi Usaha Mandiri, yang bergerak dibidang produksi alat kesehatan (medical devices) untuk kebutuhan dunia kedokteran, kedokteran gigi maupun kebutuhan alat kesehatan secara umum.

HEPro Gama didirikan sebagai sarana produksi alat kesehatan yang terutama ditujukan untuk mengembangkan dan memproduksi hasil riset dan penelitian dari UGM. Pengembangan produk berkualitas berdasarkan hasil riset adalah inti bisnis dalam pengembangan produk HEPro Gama serta menjadikan setiap prosesnya merupakan bagian dari proses edukasi dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Produk dari HEPro Gama:

1. Gama-CHA

Gama-CHA merupakan bone graft Indonesia pertama di dunia yang mempunyai struktur identik dengan tulang manusia dan bersertifikat halal. Material pengganti tulang, bone filler atau bone graft ini terutama dipergunakan untuk implant pada bidang kedokteran gigi. Telah dipasarkan secara komersial melalui kerjasama dengan mitra PT Kimia Farma, total penjualan Agustus 2014 - Juni 2015 sebanyak 30.000 unit. Gama-CHA telah masuk ke daftar e-catalog.

2. Gama IgG-NPC Strip

Alat untuk membantu diagnosis dan deteksi dini kanker nasofarings (NPC) dalam bentuk stik. Telah mendapatkan sertifikat ijin edar dan penggunaannya sangat sederhana, seperti tes kehamilan, dengan meneteskan darah pada strip akan langsung diketahui apakah ada sel kanker dalam darah dengan munculnya 2 garis yang menandakan hasil positif. Merupakan produk pertama di Indonesia untuk screening dini menggunakan rapid test. NPC Strip telah terbukti dapat mendeteksi NPC dengan sensitivitas sebesar 87% dan spesifisitas 100%; penggunaan metode deteksi NPC yang telah ada relatif lama dan mahal

3. VP SHUNT

Alat berupa selang yang berfungsi untuk mengalirkan cairan otak dari rongga ventrikel menuju ke rongga perut (peritoneal) pada pasien hidrosefalus.

4. CeraSpons

Sponge yang berfungsi sebagai blood haemostatic pasca pencabutan atau operasi gigi. Hemostatic Sponge Dental ini merupakan turunan dari produk Gama-CHA. Produk ini adalah sponge pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi halal dan aman digunakan.

5. Knock Down Impression

Sendok cetak gigi dengan sarana buka-tutup merupakan modifikasi dari sendok cetak gigi konvensional sehingga tidak ada kesulitan saat melepas hasil negatif cetakan gigi pasien serta mengurangi risiko patah pada cetakan.

 

ALAMAT & KONTAK
Jl Cik Di Tiro 34 Yogyakarta 55223
Telp : +62 274 546161
Website :www.swayasaprakarsa.com


  •