Permudah Perjalanan Dinas BUMN dengan Xplorin BUMN Travel Form  
Kamis, 20 Desember 2018 - 09:36:16 WIB  



Memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam dan melimpah menjadikan pariwisata sebagai sektor yang diharapkan memberikan kontribusi positif terutama dalam segi perekenomian. Dalam hal ini, BUMN berperan penting dalam kemajuan sektor pariwisata di Indonesia.

Focus Group Discussion dan Go Live “XPLORIN BUMN Travel” digelar pada Jum’at (07/12/2018) bertempat di Grand Dafam Rohan Hotel, Yogyakarta. Kegiatan ini adalah wujud sinergi perusahaan BUMN dalam inisiasi bisnis digital dari Kedeputian Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata untuk Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa Xplorin telah diluncurkan pada Januari 2017 lalu. Xplorin merupakan platform digital pariwisata yang menjadi penghubung ekosistem antara wisatawan dengan produk-produk layanan milik BUMN dan pelaku industri pariwisata di Indonesia melalui fitur unggulan seperti community forum dan attraction & tour planner yang bisa menampilkan customized ittinerary sendiri. Xplorin diinisiasi oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang bekerjasama dengan PT Gamatechno Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh 32 perwakilan anak perusahaan BUMN sebagai peserta forum diskusi yang berlangsung selama 2 hari. Sebagai narasumber dalam forum ini, Hendrika Nora O. Sinaga (Asisten Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN), Wiganggo (Direktur  Xplorin), Rofik (Direktur ITDC Nusantara Utilitas dan founder Xplorin), Toto Priyono (Manager Corporate Business Solution Gamatechno), Hidayat (Lead Developer Gamatechno untuk Xplorin).

Terdapat pula agenda soft launching untuk 2 produk Xplorin yaitu Xplorin untuk B2C berupa mobile apps dan website serta Xplorin untuk B2B atau yang disebut dengan BUMN Travel. BUMN Travel mengkolaborasikan antara Travel Form atau SPPD dengan sistem online ticketing atau OTA (Online Travel Agent) dimana BUMN bisa melakukan pengajuan perjalanan dinas serta pembelian tiket di dalam satu platform.

Toto Priyono selaku Manager Corporate Business Solution Gamatechno  berharap  fitur Xplorin BUMN Travel ini dapat membantu dan mempermudah dalam pengelolaan SPPD (perjalanan dinas) karena tidak perlu switching ke aplikasi lain untuk urusan ticketing, cukup dalam satu aplikasi dan satu laporan yang terintegrasi.

Xplorin adalah wujud nyata Pokja Digital dalam mendukung target pemerintah khususnya BUMN untuk mendatangkan wisatawan mancanegara sejumlah 20 juta orang pada tahun 2019. Gamatechno berperan penting dalam proses development dan implementasi aplikasi Xplorin sebagai Tourism Digital Platform baik pada platform B2C  maupun B2B sejak 2017 lalu.


  •