Swayasa Prakarsa Mendapat Penghargaan Karya Anak Bangsa bidang Alat Kesehatan 2017  
Selasa, 14 November 2017 - 10:50:31 WIB  



PT. Swayasa Prakarsa, unit usaha Gama Multi Group - UGM yang bergerak dibidang industri alat kesehatan dan farmasi, kembali memperoleh Penghargaan Karya Anak Bangsa Di Bidang Alat Kesehatan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 ini untuk produk NPC Strip G. Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diperoleh oleh PT. Swayasa Prakarsa, setelah tahun sebelumnya pada 2016 memperoleh penghargaan yang sama untuk produk INA-Shunt. Prestasi dua tahun berturut-turut ini menjadi pembuktian sinergi yang baik antara pihak Universitas, inventor, incubator dalam hal ini Direktorat PUI UGM, Gama Multi Group dan PT Swayasa Prakarsa sebagai perusahaan hilirisasi yang menaungi produk-produk riset bidang kesehatan.  


Penghargaan Karya Anak Bangsa diberikan kepada perusahaan yang memproduksi alat kesehatan dalam negeri guna memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan pertimbangan tingkat inovasi alat kesehatan tersebut. Pada kesempatan ini, Menteri Kesehatan memberikan penghargaan karya anak bangsa bidang alat kesehatan kepada 6 (enam) industri produk alat kesehatan unggulan, salah satunya adalah PT. Swayasa Prakarsa.


Pada tahun ini, penghargaan diberikan bersamaan dengan pembukaan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri yang diselenggarakan di Hall C JIExpo Kemayoran pada 9-11 November 2017. Penghargaan langsung diserahkan oleh Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, Sp. M (K) dan diterima oleh direktur PT. Swayasa Prakarsa, Dr. Bondan Ardiningtyas, M.Sc, Apt. Acara ini juga dihadiri dan dibuka resmi oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Bapak Darmin Nasution. Menteri Koordinator bidang Perekonomian menyampaikan, selain sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan HKN ke-53,  kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi, edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat dengan mensosialisasikan program dan kebijakan Kementerian Kesehatan secara langsung, serta sebagai ajang untuk menampilkan kegiatan dan keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan dan inovasi hasil riset karya anak bangsa, dalam rangka mempercepat hilirisasi dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri yang sangat besar dan mayoritas merupakan produk impor.


Dalam kunjungannya ke stand inovasi hasil riset alat kesehatan milik Universitas Gadjah Mada yang diwakili oleh PT. Swayasa Prakarsa, Menteri Kesehatan beserta rombongan mengucapkan selamat dan menyatakan bahwa  sangat mengapresiasi adanya produk NPC Strip G. Kepada Inventor NPC-Strip G yang juga adalah dosen dan peneliti Fakultas Kedokteran UGM, Ibu Dewi Kartikawati Paramita, M.Si, Ph.D, beliau berharap segera dilakukan penelitan lanjutan yang berkolaborasi dengan peneliti dari berbagai instansi lain. Sehingga ke depannya tidak hanya early detection kit untuk kanker nasofaring saja, namun dapat diproduksi deteksi dini untuk berbagai tipe kanker lainnya.

Capaian ini tentunya sangat membanggakan, tidak hanya untuk PT Swayasa Prakarsa saja, namun juga menjadi kebanggaan bersama PT Gama Multi Usaha Mandiri selaku holding company dan tentu saja Universitas Gadjah Mada. Seperti diketahui bersama, proses hilirisasi riset merupakan proses yang panjang, sulit dan membutuhkan biaya besar. Penghargaan yang diperoleh ini menjadi penyemangat untuk mempertahankan prestasi dan terus mengawal hilirisasi riset di Universitas Gadjah Mada. Hingga saat ini, ada beberapa produk yang telah berhasil dihilirisasi melalui PT Swayasa Prakarsa yaitu 3 (tiga) produk Alat Kesehatan, meliputi NPC Strip G, GamaCha (Bone graft), INA-Shunt (VP Shunt Hidrosefalus) dan 6 (enam) produk herbal, yang meliputi GamaTensi, GamaOptima, KalkuGama, GamaDiab, ImunoGama, serta GamaFresh. (gml/alf)


  •