Aino Indonesia Implementasikan Smart City di Jababeka  
Kamis, 31 Agustus 2017 - 15:36:23 WIB  



Aino Indonesia, anak perusahaan Gama Multi Group, dipercaya untuk mengembangkan kota Jababeka menjadi Smart City  pada tahun 2022. Hal ini dipaparkan oleh Presiden Direktur PT Jababeka Infrastruktur, Tjahjadi Rahardja, dalam Jababeka ICT Expo 2017. Tjahjadi mengatakan, bahwa saat ini pengembangan Kota Jababeka bekerja sama dengan AINO Indonesia sebagai penyedia sistem cashless area, sebagai syarat utama hadirnya smart city, dan Bank Mandiri sebagai penyedia cashless dalam bentuk card atau chip terbesar di Indonesia.

Pameran yang diadakan pada Rabu (30/8) di Hotel Celecton Cikarang ini dihadiri oleh Presiden Direktur PT Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto, Analis Fintech Bank Indonesia Miftahul Khoiri, Senior Vice President Banking Transaction Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi, Budi Wiryono Penggiat Aplikasi Fintech, dan para pimpinan perusahaan dan instansi yang berada di Kota Jababeka. Pameran ini merupakan ajang bagi Jababeka dalam memaparkan langkah-langkah yang dilakukan menuju smart city di tahun 2022.

Lebih lanjut Tjahjadi menjelaskan, untuk menjadi kota cerdas, sebuah kota harus memiliki berbagai indikator utama yang terintegrasi dan saling mendukung yaitu, Smart Economy, Smart Infrastucture, Smart Citizen, Smart Government, Smart Environment, Smart Mobility, dan Smart Health. Dalam sebuah kota cerdas, fungsi dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan sebagai enabler, peranan sumber daya manusia tetap menjadi faktor utama. Kota Cerdas saat ini mengutamakan aspek Smart Economy dan berfokus pada bidang financial technology (Fintech). Salah satu manfaat dari penerapan Fintech adalah kemudahan bertransaksi sebagai inisisasi dari Smart Economy development.

Sebagai langkah awal, Jababeka menginisiasi cashless area di beberapa tempat kuliner dimana AINO Indonesia dipercaya sebagai penyedia sistem utamanya. Program ini bertujuan memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi bagi para pengunjung dan pelaku usaha. Kontribusi AINO Indonesia dalam pengembangan smart city Jababeka ini, menjadi langkah awal AINO Indonesia dalam mewujudkan smart city yang jauh lebih luas di Indonesia dan diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi pembangunan Indonesia.


  •