Gama Multi Berikan Inspirasi Kepada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  
Rabu, 19 April 2017 - 16:16:15 WIB  



Gama Multi Group kembali mendapat kunjungan sebagai referensi perusahaan holding universitas pada hari Rabu, 19 April 2017. Kali ini, Universitas Ageng Tirtayasa (Untirta) yang menyambangi kantor Gama Multi. Rombongan Universitas Ageng Tirtayasa terdiri dari Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kepala Unit Bisnis Universitas dan Sekretaris Unit Bisnis Universitas. Kunjungan ini, seperti yang diutarakan oleh Kepala Unit Bisnis Universitas Ageng Tirtayasa, bertujuan untuk mempelajari bagaimana memanajemen pendirian perusahaan holding universitas.

Rombongan diterima oleh Direktur Keuangan & SDM Gama Multi Group, Fuad Rakhman, Corporate Public RelationGama Multi, Indah Subadra dan Corporate Secretary, Herry Purwanto di kantor Gama Multi Group. Pertemuan dibuka dengan presentasi Gama Multi oleh Direktur Keuangan Gama Multi. Di dalam presentasi, Direktur Keuangan menjelaskan profil tiap-tiap unit bisnis dan subsidiaries Gama Multi Group. Hingga tiba di saat menjelaskan Radio PBS, salah satu unit usaha Swaragama Group, rombongan sangat familiar dengan radio PBS dan merasa takjub bahwa Radio PBS merupakan bagian dari Gama Multi. Sebegitu besarnya Gama Multi Group hingga merambah sampai luar daerah, seperti yang diutarakan oleh Kepala Unit Bisnis Untirta.

Wakil Rektor III Universitas Ageng Tirtayasa menjelaskan, bahwa mereka saat ini sedang berupaya menghimpun kepedulian dosen dalam hal hilirisasi penelitian. Selain itu, Universitas Ageng Tirtayasa juga masih membutuhkan bimbingan bagi mahasiswa dalam mengembangkan bisnis-bisnis start up serta membangun lingkungan yang kondusif bagi munculnya bisnis-bisnis kreatif. Direktur Keuangan menyarankan untuk melihat dari pengalaman Gama Multi, kepedulian dosen dapat dihimpun melalui political will pimpinan universitas. Bagaimana pimpinan universitas harus memiliki semangat bahwa penelitian tidak hanya sekadar penelitian di atas kertas, melainkan penelitian yang mampu bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara pada pengembangan bisnis-bisnis start up dan membangun lingkungan yang kondusif, dapat diawali dari dalam kampus. Hal ini dimulai dari perkuliahan sebagai tugas mata kuliah kemudian dikembangkan di tataran fakultas. Ketika perkembangan sudah menunjukkan manajemen yang profesional, baru kemudian dialihkan secara profesional di bawah bimbingan Pusat Inovasi di perusahaan holding.

Di akhir sesi diskusi, Kepala Unit Bisnis Universitas Ageng Tirtayasa meminta kepada Gama Multi untuk berkenan mengirimkan ahli-ahli profesional ke Universitas Ageng Tirtayasa sebagai narasumber dan pendamping bagi pendirian perusahaan holding universitas. Hal ini direspon baik oleh Direktur Keuangan& SDM Gama Multi Group, karena hal ini sejalan dengan cita-cita Gama Multi dan harapan pimpinan universitas, bahwa Gama Multi harus mampu menjadi role model perusahaan holding bagi universitas-universitas di Indonesia.

Setelah melakukan diskusi di kantor holding Gama Multi, Rombongan diajak mengunjungi beberapa anak perusahaan dan unit usaha Gama Multi Group, diantaranya Kantor Pos Bulaksumur, Gamatechno, dan University Club UGM. Rombongan study visit ini juga diajak berdiskusi di demoroom Gama Multi Group bersama General Manager Gamatechno dan Corporate PR Gama Multi Group. Di demo room rombongan bisa melihat-lihat seluruh produk-produk inovasi UGM-Gama Multi Group seperti Gama Herbal, Gama-CHA, INA-Shunt, Smartcity, e-ticketing, dan lain sebagainya.

Begitu antusiasnya rombongan dari Universitas Ageng Tirtayasa hingga merencanakan akan mengirimkan kembali tim pendiri holding company Universitas Ageng Tirtayasa. Memiliki sebuah holding company seperti Gama Multi Group merupakan suatu mimpi Untirta di masa depan. Dengan belajar dari Gama Multi, banyak sekali inspirasi-inspirasi yang telah didapatkan, terang WR II Universitas Ageng Tirtayasa, dimana saat  ini Untirta baru memiliki usaha asrama, guest house, radio komunitas dan unit usaha pengelola air minum yang ke depannya usaha-usaha tersebut akan lebih berkembang lagi dengan banyak belajar dari holding company UGM. (pinksa)


  •