Penandatangaan Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Agenpos Bulaksumur antara PT GMUM dengan PT Pos Indo  
Rabu, 19 Juni 2013 - 08:20:10 WIB  

 Pada tanggal 14 Agustus 2010 telah dilaksanakan penandatangan Kerjasama Pengelolaan Agenpos Bulaksumur Yogyakarta yang merupakan salah satu strategic business unit dari PT. Gama Multi Usaha Mandiri. Penandatanganan diselenggarkan di Kantor Pos Pusat Yogyakarta oleh KADIVRE VI Pos dengan Direktur & CEO Gama Multi Group Afrizal Hernandar, ST., MBA, serta disaksikan oleh Direktur Marketing & Business Development PT. Pos Indonesia yaitu Dr. Setya Riyanto dan Arifin Muchlis selaku Post Master Kantor Pos Pusat Yogyakarta.

Dengan ditandatanganinya perjanjian tesebut maka secara otomatis mulai Agustus 2010 status Kantor Pos Waralaba Bulaksumur berubah menjadi Agenpos Bulaksumur. Kantor Pos Waralaba Bulaksumur merupakan cabang yang memiliki omset terbesar di area Jateng dan DIY. Saat ini Kantor Pos Waralaba, agen pos dan agen pos smart yang ada di Indonesia seluruhnya di standarisasi dan namanya disamakan yaitu Agenpos.

Agenpos adalah konsep pengembangan jaringan  melalui kerjasama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha. Kemitraan usaha dengan Model Business Partnership ini dimaksudkan sebagai strategi Pos Indonesia dalam meningkatkan aksesibilitas untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen untuk memenangkan persaingan bisnis dan pengembangan usaha secara lebih efisien dan efektif. Perbedaan utama antara konsep Kantor Pos Waralaba dengan Agenpos terletak pada besarnya sharing fee yang diperoleh Agenpos, dengan konsep Waralaba besarnya sharing fee yang diberikan PT Pos Indonesia adalah 15 % untuk semua layanan pos sedangakan untuk konsep Agenpos besarnya sharing fee masing-masing layanan berbeda yaitu berkisar 10 % - 20 %, ditentukan berdasarkan jumlah transaksi harian.

“Ada manfaat internal dan eksternal Agenpos dengan sistem baru ini. Jika Agenpos bisa diserahkan pada pihak lain, seperti pihak swasta, untuk collecting, PT Pos bisa lebih berfokus pada peningkatan dan pengembangan operasional internalnya untuk semakin memperbaiki kualitas pelayanan. Manfaat eksternalnya, orang bisa mendirikan Agenpos sebagai penghasilan tambahan” demikian sambutan yang disampaikan Maman Suherman selaku Kepala Divre VI Pos wilayah Jateng dan DIY.

Pada kesempatan tesebut masing-masing pihak menyampaikan harapan yang sama, semoga dengan system agenpos yang baru dapat menciptakan jalinan kerjasama yang semakin erat dan saling menguntungkan, sesuai dengan hak dan kewajiab masing-masing. (CSBD)


  •