Gama Multi Finance

Gama Multi Finance (GMF) adalah Unit Usaha Gama Multi yang bergerak dibidang jasa layanan keuangan, investasi, dan pembiayaan. Dimulai pada tahun 2001 dengan peluncuran reksa dana kampus pertama (Reksa Dana Gadjah Mada), GMF berkembang dengan memperbesar lingkup layanannya di bidang asuransi dan pembiayaan.

Reksa Dana Gadjah Mada
Merupakan reksadana kampus pertama di Indonesia yang diluncurkan tanggal 27 September 2001 bersama dengan PT Niaga Aset Manajemen (NAM). Reksa Dana Gadjah Mada (RDGM) melakukan investasi melalui instrumen pasar modal yang terdiri atas Obligasi, Saham, dan Pasar Uang yang pengelolaan investasinya dilakukan secara profesional dan transparan oleh Manajer Investasi. Keuntungan yang didapat dari kegiatan investasi tersebut dapat langsung dinikmati oleh pemodal dalam bentuk peningkatan nilai investasi, sedangkan sebagian dari biaya pengelolaan yang diterima oleh Manajer Investasi akan dikembalikan kepada UGM guna membantu kegiatan belajar mengajar.

Penyertaan dana dalam RDGM melibatkan keluarga besar UGM sebagai upaya membina dan mempererat hubungan dengan stakeholder, juga terbuka untuk masyarakat umum sebagai bentuk tanggung jawab UGM terhadap komitmen layanan profesionalisme pendidikan tinggi kepada masyarakat.

Melalui investasi di RDGM, pemodal memperoleh kesempatan melipatgandakan dana mereka guna keperluan dimasa datang dengan investasi yang relatif kecil tetapi dengan hasil yang besar di kemudian hari dan mencegah berkurangnya nilai karena inflasi. Disamping itu pemodal memiliki keleluasaan untuk memilih sendiri profil risiko yang diinginkan, sesuai dengan teori dasar investasi bahwa semakin besar risiko maka semakin besar pula tingkat pengembalian yang didapat (high risk high return)

Investasi dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman dibidangnya. Pemodal terhindar dari kerepotan administrasi dan kemudahan pencatatan pembukuan. Untuk mencapai pengembalian yang optimal, 90% dari dana kelolaan akan diinvestasikan ke dalam Efek hutang, 5% dalam Pasar Uang, dan 5% dalam efek Ekuitas. Risiko relatif sedang karena adanya Efek Hutang dalam portofolio RDGM.

Berdasarkan kinerja RDGM yang sangat baik, terhitung sejak diluncurkan sampai dengan 29 September 2006, kontribusi dari jasa pengelolaan investasi yang telah diterima oleh UGM adalah sebesar Rp 9,49 milyar. Adapun tingkat pengembalian bersih (net return) adalah sebesar 19,03% net per tahun.

Reksa Dana Gadjah Mada Seri 2

Melanjutkan keberhasilan RDGM pertama, UGM dan NAM kembali meluncurkan reksa dana baru yang diberi nama Reksa Dana Gadjah Mada Seri Dua (RDGM Seri 2) pada tanggal 12 Oktober 2006.

RDGM Seri 2 adalah reksa dana jenis campuran berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang dibuat antara NAM sebagai Manajer Investasi dan Deutsche Bank AG sebagai Bank Kustodian. RDGM Seri 2 dikelola dengan komposisi portofolio minimal 5% maksimal 75% pada Obligasi Pemerintah maupun Korporasi, minimal 5% maksimal 75% pada Instrumen Pasar Uang dan minimal 5% maksimal 75% pada Saham. Minimum pembelian Unit Penyertaan RDGM Seri 2 adalah sebesar Rp 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah).

 

 Reksadana UGM CIMB-Principal Balanced

Reksa Dana UGM CIMB-Principal Balanced adalah reksa dana berbasis campuran yang memiliki target komposisi minimum 1% dan maksimum 79% pada efek ekuitas yang ditawarkan melalui penawaran umum dan atau dicatatkan di Bursa efek, minimum 1% dan maksimum 79% pada efek bersifat utang, serta minimum 1% dan maksimum 79% pada pasar uang dalam negeri. Produk ini diluncurkan pada tanggal 28 November 2011 di Yogyakarta.

Pembentukan produk ini dilatarbelakangi keinginan untuk dapat memenuhi kebutuhan investasi sekaligus menjadi sarana bagi kepedulian masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia khususnya UGM. Dengan berinvestasi di produk reksa dana ini berarti turut serta dalam usaha pengembangan pendidikan di UGM, karena jasa kelola Reksa Dana UGM CIMB-Principal Balanced akan dialokasikan untuk Dana Pendidikan sebesar 1% (satu persen) per tahun. Dana pendidikan akan digunakan untuk beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu, peningkatan sumber daya manusia, penelitian untuk civitas akademika dan pengembangan fasilitas perkuliahan.

Reksadana Mandiri Investa UGM

Merupakan reksadana berbentuk saham yang di kelola oleh manajer investasi Mandiri Investasi.

Jasa Asuransi
Bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan asuransi yang kredibel (Allianz, Takaful, Jasindo, Panin), GMF menyediakan pilihan ragam produk asuransi yang kompetitif dan lengkap bagi keperluan konsumen dilingkup UGM maupun masyarakat luar. Melalui GMF, konsumen dapat memilih dan mengikuti program yang sesuai dengan karakteristiknya. Para konsultan kami akan memberikan konsultasi dan rekomendasi terbaik tentang produk asuransi yang dibutuhkan oleh tiap konsumen.

Walaupun tergolong baru, kualitas pelayanan dan jaminan keamanan yang ditawarkan oleh GMF mampu menarik sejumlah perusahaan besar untuk mempercayakan pengelolaan asuransi karyawannya kepada GMF, antara lain adalah asuransi pesangon karyawan PT PLN Jateng-DIY. Pertumbuhan klien yang cukup pesat dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi membuatGMFakan semakin memperkokoh diri dibidang layanan ini.

 Leasing

GMF bekerjasama dengan Bank Muamalat Indonesia menawarkan pilihan pembiayaan produk yang sangat kompetitif dan menggunakan konsep syariah. Layanan ini dihadirkan untuk memudahkan masyarakat, khususnya civitas akademika UGM dan member GMF dalam pembiayaan pembelian produk, antara lain berupa :

1. Komputer / Notebook
2. Kendaraan (sepeda motor & mobil)
3. Elektronik
4. Furniture
5. Perumahan
Ragam pembiayaan pun akan semakin meningkat seiring dengan kepercayaan dan kerjasama yang baik antara konsumen dan Gama Multi Finance. Konsep pembiayaan menggunakan sistem syariah (bagi hasil) dan dengan tingkat bagi hasil yang relatif rendah untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi konsumennya. Saat ini GMF telah bekerjasama dengan lima bank syariah selain Bank Muamalat Indonesia, diantaranya Bank CIMB Niaga Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BRI Syariah.

 

Informasi dan Layanan
Kantor PT. Gama Multi Usaha Mandiri Bulaksumur H-5
Yogyakarta 55281
Telp : 0274 549426, 552433, 6491970
Fax : 0274 549427

Email : bawono@gamamulti.com
Website : www.gamamulti.com


  •